Kumpulan Manfaat dari Klasifikasi Makhluk Hidup

Kumpulan Manfaat dari Klasifikasi Makhluk Hidup

Berbagai Manfaat Klasifikasi Makhluk Hidup – Kehidupan di bumi telah berlangsung miliyaran tahun yang lalu diwarai oleh berbagai spesies yang telah mewarnai wajah bumi pada periode kehidupan yang berlangsung dibumi.

Para ahli biologi dan palaentologi menemukan bentuk macam-macam makhluk higup yang menghuni bumi, ahli palaentolog menemukan fosil-fosil purbakala yang masih memiliki kemiripan dengan spesies bumi di masa sekarang.

Keanekaragaman spesies penghuni bumi yang ditemukan sangat beragam. Maka agar dengan mudah mengenali spesies perlu dilakukan pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan kesamaan ciri, habitat, ataupun manfaat.

Kumpulan Manfaat dari Klasifikasi Makhluk Hidup

Kumpulan Manfaat dari Klasifikasi Makhluk Hidup
Image source: image.google.com

Klasifikasi pertama kali diprakarsai oleh Carolus Linnaeus yang sekaran dikenal sebagai bapak taksonomi. Taksonomi adalah cabang ilmu yang mempelajaritentang pengelompokan (klasifikasi) makhluk hidup. Adapun tujuan dari klasifikasi makhluk hidup ialah:

  1. Mengelompokkan makhluk hidup
  2. Mengetahui hubungan kekerabatan yang ditemukan antar makhluk hidup
  3. Mendeskripsikan makhluk hidup berdasarkan ciri yang dimiliki
  4. Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lain
  5. Memberikan nama pada makhluk hidup yang baru ditemukan

Dengan mengelompokkan makhuk hidup maka kita dapat memperoleh manfaat berupa:

Memudahkan dalam mempelajari makhluk hidup

Adanya klasifikasi makhluk hidup akan mempermudah kita untuk memperlajari kelompok makhluk hidup tertentu. Sistem klasifikasi kini kian terus berkembang tidak hanya melihat pada kesamaan ciri namun juga melihat struktur organel dan fisiologi organ.

Dengan demikian pengelompokan makhluk hidup menjadi lebih akurat dalam mengelompokkan makhluk hidup.  Setiap makhluk hidup memiliki ciri khas yang hanya dimiliki oleh kelompok makhluk hidup tersebut.

Contoh, hewan dan tumbuhan dibedakan karena struktur sel dan tubuhnya sangat berbeda serta cara memperoleh makannya pun berbeda. Tentu aja dengan deskripsi yang telah dibuat untuk mendeskripsikan golongan makhluk hidup tertentu akan membuat kita lebih mudah dalam mempelajarinya.

Misalnya kita akan mempelajari tentang tumbuhan, maka kita hanya akan meneliti makhluk hidup yang digolongkan ke dalam kelompok tumbuhan dengan ciri-ciri utama yang dimiliki oleh tumbuhan, seperti memiliki membran inti; memiliki dinding sel; memiliki kloropil (zat hijau daun); dan lain-lain.

Panduan-panduan yang telah dideskripsikan secara mendetail mengenai kelompok-kelompok makhluk hidup dalam klasifikasi makhluk hidup akan menuntun kita untuk mempermudah dalam empelajari makhluk hidup yang dituju.

Menunjukkan hubungan kekerabatan antar spesies melalui kesamaan ciri 

Dalam klasifikasi makhluk hidup telah dibuat sistem takson yakni tingkatan-tingkatan spesies dalam klasifikasi. Susunan takson dari atas ke bawah yaitu:

  • Kingdom (Kerajaan)
  • Filum (Hewan) / Divisio (Tumbuhan)
  • Kelas
  • Ordo (Bangsa)
  • Famili (Suku)
  • Genus (Marga)
  • Spesies (Jenis)

Urutan takson di atas ditentukan berdasarkan tingkat kesamaan ciri, semakin ke bawah (spesies) memiliki kesamaan ciri yang paling banyak dan sebaliknya. Dengan demikian, kita dapat mengetahui kekerabatan yang terjadi pada makhluk hidup.

Contoh, manusia, ikan, katak, ular, dan burung menduduki tingkat takson yang sama yaitu filum vertebrata karena memiliki kesamaan ciri adanya sumsum tulang belakang, namun masing-masing akan terbagi menjadi kelas masing-masing.

Lebih dekat lagi, manusia menduduki kelas mamalia sama seperti kambing, kucing, anjing, sapi, dll karena kesamaan memiliki kelenjar susu pada hewan betina. Manusia tergolong ke dalam ordo (bangsa) primata yang juga dihuni oleh simpanse, orang utan, siamang, dll.

Evolusi perkembangan kera besar memunculkan famili (suku) kera besar atau disebut dengan Hominidae yang dihui oleh manusia, simpanse, orang utan, dan gorilla. Berikut adalah klasifikasi pada manusia dan simpanse.

 ManusiaSimpanseBuaya muaraKucing
KingdomAnimaliaAnimaliaAnimaliaAnimalia
FilumChordataChordataChordataChordata
KelasMamaliaMamaliaReptiliaMamalia
OrdoPrimataPrimataCrocodiliaKarnivora
FamiliaHominidaeHominidaeCrocodilidaeFelidae
GenusHomoPanCrocodilusFelis
SpesiesHomo sapiens sapiens Pan troglodyCrocodilus porosus Felis domestica

Dari contoh klasifikasi di atas dapat kita telusuri hubungan kekerabatan pada manusia sangat dekat dengan simpanse dibanding makhluk lainnya (terdapat dalam famili yang sama, Hominidae). Kesimpulannya, semakin rendah makhluk menduduki tingkat takson bersama maka makin dekat hubungan kekerabatannya.

Source: kelasipa.com