Upacara Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2018 SMPN6BDL

Cover-Upacara-Hari-Pahlawan-10-November-2018

SMPN6BDL – Sabtu, 10 November 2018 seluruh bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional, tidak terkecuali keluarga besar SMPN 6 Bandar Lampung.

Hari Pahlawan Nasional ini kita peringati untuk mengingat sebuah pertempuran bersejarah yang dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Surabaya pada tanggal 10 November tahun 1945.

Pada saat itu tentara dan milisi dari Indonesia berjuang, berperang, sekuat tenaga melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

Bagaimana Indonesia bisa menang? Bagaimana cara para pahlawan membangkitkan semangat warga Indonesia? Mungkin beberapa kalimat sakti dari para tokoh pahlawan berikut ini adalah penyebabnya:

Kata Mutiara Para Pejuang dalam Meperingati Hari Pahlawan 10 November 2018

  1. Presiden Soekarno: “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”

 

  1. Pangeran Diponegero: “Pahlawan-pahlawan di dalam tentara kami, satu dengan yang lainnya berselisih, dan kemudian yang gagah berani menyerah.”

 

  1. Bung Hatta: “Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita.”

 

  1. Raden Ajeng Kartini: “Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.”

 

  1. Jendral Soedirman: “Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih, akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi.”

 

  1. Ki Hajar Dewantara: “Dengan ilmu kita menuju kemuliaan.”

 

  1. Sutan Syahrir: “Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan.”

 

  1. Bung Tomo: “Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka…Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka”

 

  1. H. Agus Salim: “Memimpin adalah menderita”

 

  1. Cut Nyak Dien: “Dalam menghadapi musuh, tak ada yang lebih mengena daripada senjata kasih sayang”

Upacara Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2018 SMPN6BDL

Sumber: Doc. Pribadi