Pusing Pilih SMA atau SMK? Coba deh jawab ini dulu!

Pusing Pilih SMA atau SMK? Coba deh jawab ini dulu!

SMPN6BDL – Pasti banyak banget dong dari kamu yang masih bingung memilih sekolah? Khususnya siswa-siswi SMPN 6 Bandar Lampung yang sebentar lagi akan melaksanakan UNBK lalu melanjutkan pendidikannya ke jenjang sekolah menengah. Nah, di jenjang ini kamu akan dihadapkan pada dua pilihan. SMA atau SMK? Bingung kan?! 😀

Biar gak kejebak ajakan teman, dan akhirnya salah memilih sekolah, sebaiknya kamu jawab dulu 5 pertanyaan berikut ini. Inget coba jawab jujur dari dalam hati kamu sendiri ya. 😀

Pusing Pilih SMA atau SMK? Coba deh jawab ini dulu!

Pusing Pilih SMA atau SMK? Coba deh jawab ini dulu!

1. Apa tujuanmu setelah lulus nanti?

Tanyakan ini pada dirimu. Jika kamu punya tujuan supaya langsung bekerja setelah lulus sekolah, sebaiknya kamu memilih SMK. Tetapi jika kamu berniat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sebaiknya kamu memilih SMA.

2. Apa hal yang kamu sukai?

Jika kamu menyukai hal yang berhubungan dengan praktik atau suka jurusan teknik, sebaiknya kamu memilih SMK. Tetapi jika kamu adalah tipe orang yang lebih senang bermain logika, sebaiknya kamu memilih SMA.

3. Apa pekerjaan yang kamu impikan?

Jika pekerjaan yang kamu impikan mengharuskanmu harus memiliki gelar tertentu, sebaiknya kamu memilih SMA. Tetapi jika pekerjaan yang kamu pilih tidak menetapkan standar pendidikan tertentu, kamu bisa memilih SMK.

Selain itu, jika memilih SMK, kamu bisa menekuni keahlianmu dan dan bisa mendalaminya lagi di perguruan tinggi.

4. Apakah kami punya cukup biaya?

Jika keadaan keuanganmu kurang baik, dan mengharuskanmu untuk segera mempunyai penghasilan, maka sebaiknya memilih SMK. Setelah itu jika memang ingin melanjutkan pendidikan, kamu bisa kuliah sambil bekerja.

Bila keuangan keluargamu memang mencukupi, lanjutkan saja hingga ke perguruan tinggi. Bukankah mengejar ilmu itu tidak ada ruginya?

5. Apakah potensi di sekitarmu?

Amati derah sekitarmu. Perhatikan, apakah ada potensi usaha atau peluang kerja yang cocok buat kamu. Bila di daerahmu mempunyai banyak ladang usaha, yang membutuhkan keterampilan tertentu, sebaiknya kamu memilih SMK.

Tetapi apabila peluang kerja di sana lebih ke arah logika, sebaiknya kamu memilih SMA.

Itu beberapa hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk memilih sekolah. Jadi jangan sampai salah memilih ya. Gimana udah yakin dong sekarang? Atau malah tambah pusing. Akh… yaudah deh mondok aja… 😀

Source: idntimes.com