Categories
Pengumuman

Selamat Idul Fitri Keluarga Besar SMP Negeri 6 Bandar Lampung

SMPN6BDL – Kepala SMPN 6 Bandar Lampung, Meini Ida, S.Pd mengucapkan Selamat Idul Fitri. Mminal aidin wal faizin mohon maaf lahir batin kepada Seluruh Guru, Staf Tu, dan Keluarga Besar SMPN 6 Bandar Lampung yang merayakannya.

Semoga kita selalu dalam keberkahan, kebahagiaan, dan dalam lindungan-Nya. Aamiin ya Allah. Sampai jumpa kembali di sekolah pada tanggal 14 Juni 2019.

Categories
Galeri Foto

Buka Bersama Keluarga Besar SMP Negeri 6 Bandar Lampung Ramadhan Tahun 2019

SMPN6BDL – Alhamdulillah… 😀 Karena dalam suasana Ramadhan, tepat sehari sebelum pengumuman kelulusan siswa kelas 9 tahun 2019, Keluarga besar SMPN 6 Bandar Lampung mengadakan buka bersama (bukber) di Pindang Riu Antasari.

Acara ini di ikuti oleh hampir seluruh guru dan staf SMPN 6 Bandar Lampung yang mana sekaligus melaksanakan rapat kelulusan siswa SMPN 6 Bandar Lampung.

Oh ya, langsung aja ya… karena keterbatasan waktu dan lain hal, berikut ini adalah beberapa galeri foto yang bisa Pak Adi upload di website ini. Apabila Anda mempunyai koleksi foto bukber lainnya, silahkan DM langsung ya, maka akan segera di tambahkan disini juga. 😀

Bukber Keluarga Besar SMP Negeri 6 Bandar Lampung Ramadhan Tahun 2019

Bukber SMPN6 BDL 2019
Buka-Bersama-Keluarga-Besar-SMP-Negeri-6-Bandar-Lampung
Bukber SMPN6 BDL 2019
Buka-Bersama-Keluarga-Besar-SMP-Negeri-6-Bandar-Lampung
Bukber SMPN6 BDL 2019
Buka-Bersama-Keluarga-Besar-SMP-Negeri-6-Bandar-Lampung
Bukber SMPN6 BDL 2019
Buka-Bersama-Keluarga-Besar-SMP-Negeri-6-Bandar-Lampung
Bukber SMPN6 BDL 2019
Buka-Bersama-Keluarga-Besar-SMP-Negeri-6-Bandar-Lampung
Bukber SMPN6 BDL 2019
Bukber SMPN6 BDL 2019
Buka-Bersama-Keluarga-Besar-SMP-Negeri-6-Bandar-Lampung
Bukber SMPN6 BDL 2019
Buka-Bersama-Keluarga-Besar-SMP-Negeri-6-Bandar-Lampung
Bukber SMPN6 BDL 2019
Bukber SMPN6 BDL 2019
Bukber SMPN6 BDL 2019
Bukber SMPN6 BDL 2019
Bukber SMPN6 BDL 2019
Bukber SMPN6 BDL 2019
Buka-Bersama-Keluarga-Besar-SMP-Negeri-6-Bandar-Lampung
Bukber SMPN6 BDL 2019
Buka-Bersama-Keluarga-Besar-SMP-Negeri-6-Bandar-Lampung
Bukber SMPN6 BDL 2019
Buka-Bersama-Keluarga-Besar-SMP-Negeri-6-Bandar-Lampung
Bukber SMPN6 BDL 2019
Bukber SMPN6 BDL 2019

Note: Mohon maaf apabila foto Anda tidak terupload. 😀 Silahkan japri, nanti dimasukin. hihiii Terimakasih.

Sumber: doc. pribadi

Categories
Agama Islam

Buka Bersama Grup ”One Day One Juz” SMPN 6 Bandar Lampung

Pada tahun ini SMPN 6 Bandar Lampung mengadakan program ”One Day One Juz” dibawah bimbingan Ibu Yusri Handayani, atau lebih dikenal dengan satu hari membaca satu juz Al-Qur’an. Kemarin, tepatnya 28 Mei 2019 M / 23 Ramadhan 1440 H melaksanakan acara buka bersama di kediaman Ibu Yusri. Sebelum acara buka bersama dimulai, sambil menunggu adzan kami melakukan dzikir dan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Ujang selaku guru PAI di SMPN 6. Acara buka bersama pun berjalan baik dan lancar, kami mengucapkan terimakasih kepada Ibu Yusri yang telah bersedia menjadi tuan rumah dalam acara ini dan kami selaku murid sangat bersyukur atas hidangan yang telah diberikan. semoga Ramadhan tahun depan kita dapat berjumpa lagi untuk melaksanakan kegiatan yang sama dalam keadaan sehat wal afiat. aamiin ya robbal ‘alamin

Categories
Agama Islam

7 Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa!

7 Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa! – Bulan Ramadhan telah tiba. Saatnya umat Muslim di seluruh dunia untuk berpuasa. Selain meningkatkan keimanan kita, menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam ketika berpuasa juga memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan lho jika dilakukan dengan cara yang sehat. Gimana sih caranya supaya ibadah puasa bikin kita semakin sehat juga? Ini dia 7 tips sehat untuk menjalankan ibadah puasa yang bisa kamu praktikkan.

Tips Sehat Saat Puasa

1. Makan dengan porsi normal

Setelah berpuasa seharian, nggak jarang kita berbuka dengan makan yang banyak – baik makanan berat maupun makanan ringan. Padahal, makan yang berlebihan saat berbuka puasa bisa membuat perut kita terasa penuh dan bahkan malah bikin kita sakit lho. Menurut dr. Magdi Mohamed dari RS Burjeel Abu Dhabi, makan berlebihan saat buka puasa bisa bikin perut kita kram, bahkan bikin kita diare dan terkena gangguan gastroentritis lho. Ini karena perut kita dipaksa langsung bekerja keras setelah beristirahat seharian.

Jadi, supaya nggak sakit perut, gimana sebaiknya kita berbuka puasa? dr. Mohamed menyarankan untuk berbuka dengan makanan ringan dan air dulu, lalu dilanjutkan makan dengan porsi seperti biasa kita makan malam. Kita juga sebaiknya menghindari makanan pedas dan asam ya saat berbuka.

2. Batasi makanan manis

Suka makan dessert dan cemilan yang manis-manis? Pada saat puasa kita sebaiknya membatasi konsumsi makanan manis favorit kita ya. Ini karena ketika puasa, nggak jarang gula darah kita naik menjadi lebih tinggi dari biasanya. Ketika kita makan makanan manis terlalu banyak saat puasa, gula darah kita bisa naik menjadi terlalu tinggi lho dan malah berdampak buruk pada kesehatan kita.

Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis saat puasa juga bisa bikin tubuh kita lemas di siang hari lho. Ini karena gula hanya memberikan kita energi yang banyak dalam waktu sedikit aja dan setelah itu, kita akan merasa lemas, pusing, ngantuk, bahkan bisa mempengaruhi mood sehingga cepat marah. Nggak mau kan puasa kita batal karena marah-marah terus? Jadi, hati-hati dengan makanan manis ya saat puasa.

3. Perbanyak minum air putih

Ketika puasa saat cuaca sedang panas, tantangan terbesar kita adalah untuk menahan rasa haus. Kalau kita menahan haus dengan cara yang salah, tubuh kita bisa mengalami dehidrasi, kulit kering, bahkan jika parah bisa bikin kita mengalami gangguan ginjal lho. Nah, supaya ibadah puasa kita nggak terhalang sakit karena dehidrasi, ada rumus yang bisa kita gunakan untuk mengatur frekuensi dan jumlah air yang kita minum supaya puasa kita tetap sehat lho.

Dilansir dari Halodoc.com, saat puasa kita bisa menggunakan aturan 2-2-4 untuk minum: 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas air di malam hari. Selama puasa, hindari juga minuman manis atau mengandung kafein seperti teh dan kopi, terutama saat sahur. Minuman yang mengandung kafein, terutama jika diminum saat sahur justru bikin tubuh kita merasa haus seharian lho.

4. Makan buah dan sayur yang banyak

Saat sahur dan berbuka, daripada makan makanan yang digoreng atau junk food, sebaiknya makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak ya. Ini karena buah dan sayur umumnya mengandung serat yang tinggi dan bisa bikin kita merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit sehingga bikin kita lebih sehat selama bulan puasa.

Nah, supaya nggak sakit perut karena pencernaan kita kaget dengan buah dan sayur, terutama ketika berbuka puasa, ada beberapa jenis tips memilih buah dan sayur untuk dikonsumsi saat puasa nih.

Menurut Livestrong.com, buah-buahan yang bersifat citrus seperti jeruk, lemon, atau jeruk limau sebaiknya kita hindari dulu selama puasa karena bikin perut kita kaget dengan tingkat keasamannya. Sebaliknya, pilih buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, apel, pir, dan anggur. Untuk sayur, sebaiknya kita mengkonsumsi sayuran organik saat berbuka ya, terutama jika diolah menjadi jus atau salad supaya nutrisinya nggak hilang.

5. Minum vitamin

Ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh kita biasanya lebih rentan terkena penyakit karena nggak cukup mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Nah, supaya sistem kekebalan tubuh kita tetap kuat dan tubuh tetap sehat selama puasa, selain makan buah dan sayur, kita juga sebaiknya minum vitamin yang sekarang mudah ditemukan dalam bentuk tablet atau gummy untuk membantu tubuh kita agar tetap fit.

Di dalam multivitamin yang biasa kita konsumsi, biasanya terdapat berbagai jenis vitamin dalam satu tablet yang masing-masing memiliki manfaatnya sendiri untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Selain itu, tablet vitamin juga biasanya mengandung tambahan mineral seperti kalsium yang menyehatkan tulang, magnesium yang membuat tubuh lebih rileks, dan antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit. Kita pun cukup mengkonsumsi vitamin sekali sehari saja saat sahur untuk menjaga kesehatan kita selama puasa seharian.

6. Lakukan olahraga kecil

Puasa bukan menjadi alasan untuk nggak olahraga sama sekali lho, karena ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa bikin badan kita tetap sehat tanpa menghabiskan tenaga terlalu banyak dan bikin kita lapar. Olahraga saat puasa bahkan bisa memberikan macam-macam manfaat untuk kita seperti menjaga kekuatan dan kebugaran tubuh sehingga kita tetap semangat beraktivitas.

Supaya olahraga saat puasa nggak bikin kita kelaparan atau lemas, sebaiknya pilih waktu olahraga yang tepat ya, yakni sekitar 30-90 menit sebelum berbuka puasa sehingga setelah berolahraga kita bisa langsung mengisi perut dengan makanan dan minuman. Selain itu, jenis olahraga juga perlu kita perhatikan ya. Pastikan kita memilih olahraga yang intensitasnya ringan atau sedang aja seperti yoga, pilates, barre, renang, atau sepeda.

7. Tidur yang cukup

Untuk kita yang berpuasa, tidur penting banget untuk kelancaran ibadah kita lho. Tidur yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga bikin kita nggak gampang sakit saat puasa, mengurangi stres, memperbaiki mood, dan membuat kita lebih mampu berkonsentrasi serta berpikir kreatif saat puasa seharian. Tidur yang cukup juga bisa menjadi sumber tenaga kita ketika waktunya berpuasa seharian lho.

Tidur malam yang cukup adalah sekitar 6-8 jam setiap malam. Nah, supaya kita bisa mendapat tidur yang cukup di tengah kesibukan kita, ada beberapa tips yang bisa kita coba seperti mengurangi penggunaan alat elektronik sebelum tidur, menyiapkan sahur segera setelah selesai berbuka untuk dipanaskan, atau menggunakan aromatherapy.
Jadi, supaya puasa kita tetap sehat, jangan lupa lakukan tips di atas ya.

Sumber: https://cashbac.com/blog/7-tips-sehat-menjalankan-ibadah-puasa/

Categories
Galeri Foto

Penglepasan Siswa Kelas 9 SMPN 6 Bandar Lampung 2018-2019 #PART2

SMPN6BDL – Tak terasa waktu berjalan begitu cepat. Masih ingat ketika kalian baru saja masuk di SMPN 6 Bandar Lampung, semua berlalu begitu cepat, hingga pada hari ini sudah waktunya untuk kalian melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Semoga kalian dapat menjadi “Generasi Muda Inspiratif, Kreatif, dan Berakhlak Mulia Membangun Bangsa”. Aaamiin. Oh ya, semoga kalian juga LULUS dan bisa masuk ke sekolah yang diinginkan.

Untuk mengabadikan moment-moment berharga ini, berikut ini adalah beberapa foto yang bisa Pak Adi ambil. Semoga dapat menjadi kenangan abadi untuk kita semua. 😀 Yuks.. kita liat bareng fotonya.

Alert: “Mohon Maaf Fotonya Penuh dengan Wajah si Tukang Foto”

Penglepasan Siswa Kelas 9 SMPN 6 Bandar Lampung 2018-2019 #PART2

Persiapan Penglepasan 2019

Pembukaan dan Penutupan Penglepasan 2019

Pembagian Piala oleh Kepala SMPN6 BDL

Foto Bersama Wali Kelas

Foto Bersama Anggota Osis

Panitia Kece Badayy… 😀

 

Sumber: doc. Pak Adi

Categories
Galeri Foto

Penglepasan Siswa Kelas 9 SMPN 6 Bandar Lampung 2018-2019

SMPN6BDL – Alhamdulillah…!!! Setelah menempuh pendidikan 3 tahun di SMPN 6 Bandar Lampung akhirnya tepat pada tanggal 4 Mei 2019 siswa-siswi SMPN 6 Bandar Lampung kelas 9 tahun pelajaran 2018-2109 telah melaksanakan Pengelepasan.

Semoga siswa-siswi SMPN 6 Bandar Lampung dapat menjadi “Generasi Muda Inspiratif, Kreatif, dan Berakhlak Mulia Membangun Bangsa”. Aaamiin.

Berikut ini adalah beberapa foto yang bisa Pak Adi lampirkan disini. 😀 Let’s check it out! Oh ya foto ini diambil oleh Digital Foto Studio. Terimakasih.

Galeri Foto Penglepasan Siswa Kelas 9 SMPN 6 Bandar Lampung 2018-2019

Penglepasan part 1

Penglepasan part 2

Penglepasan part 3

Penglepasan part 4

Penglepasan part 5

Penglepasan part 6

 

Sumber: doc. pribadi

Categories
Mapel PKn

Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) untuk Anak Bangsa

Sebelum kita mengenal lebih jauh seperti apa manfaat/pentingnya pendidikan kewarga negaraan unntuk kita sebagai anak bangsa, kita harus memahami dulu apa pengertian pendidikan kewarga negaraan (PKN).

Pengertian pendidikankewarganegaraan (PKN)

Kata kewarganegaraan dalam bahasa Latin disebut Civicus. Selanjutnya, kata Civicus diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi kata Civic yang artinya mengenai warga negara atau kewarganegaraan. Dari kata Civic lahir kata Civic yaitu ilmu kewarganegaraan, dan Civic Education, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan. Pelajaran Civics atau kewarganegaraan telah dikenal di Indonesia sejak zaman kolonial Belanda dengan nama Burgerkunde.

Dari definisi tersebut dapat dijelaskan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan dirumuskan secara luas untuk mencakup proses penyiapan generasi muda untuk mengambil peran dan tanggung jawabnya sebagai warga negara, dan secara khusus, peran pendidikan termasuk di dalamnya persekolahan, pengajaran dan belajar, dalam proses penyiapan warga negara tersebut.

Sementara itu,siswa/ mahasiswa sebagai anak bangsa Indonesia diharapkan dapat menjadi yang memahami pendidikan kewarganegaraan dan menjadi warga negara yang memiliki komitmen yang kuat dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karna Hakikat negara kesatuan Republik Indonesia adalah negara kebangsaan modern. Negara kebangsaan modern adalah negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme yaitu pada tekad suatu masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama, walaupun warga masyarakat tersebut berbeda-beda agama, ras, etnik, atau golongannya.

Pendidikan Kewarganegaraan menurut Depdiknas (2006:49), adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD NRI 1945.

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yang dikemukakan oleh Djahiri (1994/1995:10)

Tujuan pendidikan kewarga negaraan Adalah sebagai berikut:

a. Mencerdaskan kehidupan bangsa yang mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur, memiliki kemampuan pengetahuann dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan”.

b. Secara khusus. Tujuan PKn yaitu membina moral yang diharapkan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu perilaku yang memancarkan iman dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri dari berbagai golongan agama, perilaku yang bersifat kemanusiaan yang adil dan beradab, perilaku yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan perseorangan dan golongan sehingga perbedaan pemikiran pendapat ataupun kepentingan diatasi melalui musyawarah mufakat, serta perilaku yang mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial seluruh rakyat Indonesia.

Sedangkan menurut Sapriya (2001), tujuan pendidikan Kewarga negaraan adalah : Partisipasi yang penuh nalar dan tanggung jawab dalam kehidupan politik dari warga negara yang taat kepada nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar demokrasi konstitusional Indonesia. Partisipasi warga negara yang efektif dan penuh tanggung jawab memerlukan penguasaan seperangkat ilmu pengetahuan dan keterampilan intelektual serta keterampilan untuk berperan serta. Partisipasi yang efektif dan bertanggung jawab itu pun ditingkatkan lebih lanjut melalui pengembangan disposisi atau watak-watak tertentu yang meningkatkan kemampuan individu berperan serta dalam proses politik dan mendukung berfungsinya system politik yang sehat serta perbaikan masyarakat.

Tujuan umum pelajaran PKn ialah mendidik warga negara agar menjadi warga negara yang baik, yang dapat dilukiskan dengan “warga negara yang patriotik, toleran, setia terhadap bangsa dan negara, beragama, demokratis, dan Pancasila sejati” (Somantri, 2001:279).
Djahiri (1995:10) mengemukakan bahwa melalui Pendidikan Kewarganegaraan siswa diharapkan
a. Mampu Memahami dan menguasai secara nalar konsep dan norma Pancasila sebagai falsafah, dasar ideology dan pandangan hidup Negara kesatuan republic Indonesia (NKRI).
b. Memahami secara langsung apa itu konstitusi (UUD NKRI 1945) dan hukum yang berlaku dalam Negara RI.
c. Menghayati dan meyakini tatanan dalam moral yang termuat dalam butir diatas.
d. Mengamalkan dan membakukan hal-hal diatas sebagai sikap perilaku diri dan kehidupannya dengan penuh keyakinan dan nalar.
Secara umum, menurut Maftuh dan Sapriya (2005:30) bahwa, Tujuan negara mengembangkan Pendiddikan Kewarganegaraan agar setiap warga negara menjadi warga negara yang baik (to be good citizens), yakni warga negara yang memiliki kecerdasan (civics inteliegence) baik intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual; memiliki rasa bangga dan tanggung jawab (civics responsibility); dan mampu berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.
Setelah menelaah pemahaman dari tujuan Pendidikan Kewarganegaraan, maka dapat saya simpulkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan berorientasi pada penanaman

konsep Kenegaraan dan juga bersifat implementatif dalam kehidupan sehari – hari. Adapun harapan yang ingin dicapai setelah pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan ini, maka akan didapatkan generasi yang menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

FUNGSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

1. Membantu siswa/mahasiswa sebagai generasi muda untuk memperoleh pemahaman cita-cita nasional /tujuan Negara.

2. Siswa/mahasiswa sebagai genersi baru Dapat mengambil keputusan-keputusan yang bertanggung jawab dalam menyelsaikan masalah pribadi, masyarakat dan negara.

3. Dapat mengapresiasikan cita-cita nasional dan dapat membuat keputusan-keputusan yang cerdas.

4. Wahana untuk membentuk warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang setia kepada bangsa dan negara Indonesia dengan merefleksikan dirinya dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan amanat Pancasila dan UUD NKRI 1945.

sumber: https://www.kompasiana.com/war/56f14c1b4b7a61c109035ce0/pentingnya-pendidikan-kewarganegaraan-pkn-untuk-anak-bangsa?page=all

Categories
Olahraga

Macam Macam Cabang Olahraga Altetik dan Penjelasannya Beserta Gambarnya

Cabang Olahraga Atletik:

  1. Tolak peluru
  2. Lempar lembing
  3. Lempar cakram
  4. Lompat tinggi
  5. Lompat galah
  6. Lari jarak pendek
  7. Lompat jauh
  8. Lari jarak jauh
  9. Lari estafet
  10. Panahan
  11. Lompat indah

Macam Macam Cabang Olahraga Atletik Beserta Gambarnya:

1. Tolak peluru
Cabang Olahraga Atletik Tolak PeluruSalah satu olahraga yang masuk cabang-cabang olahraga atletik yang pertama adalah tolak peluru. Olahraga ini pasti sudah sangat familiar dikalangan masyarakat karena olahraga ini juga diajarkan ketika sekolah.  Tolak peluru ini merupakan sebuah olahraga yang menggunakan bola pejal yang terbuat dari besi sebagai sarananya.  Dalam melakukan olahraga tolak peluru ini ada beberapa cara atau teknik yang bisa diterapkan agar dalam melakukannya tidak akan mengalami cedera.

Baca juga: Teknik Dasar Tolak Peluru

2. Lempar lembing
Cabang Olahraga Atletik Lempar LembingLempar lembing merupakan salah satu olahraga yang masuk dalam kategori olahraga altetik. Lempar lembing ini merupakan olahraga yang dilakukan dengan cara melemparkan lembing yang berbentuk seperti tongkat dan bila lembing yang dilemparkan memiliki jarak yang jauh maka nilainya juga tinggi.Intinya semakin jauh jarak lembing yang dilempar maka semakin banyak pula nilai yang didapatkan.Untuk melakukan olahraga ini tentunya ada ketentuan dan syarat-syarat yang harus dipenuhi seperti berikut ini.

Untuk perempuan

  • Lembing yang dipakai harus memiliki panjang 2,2 sampai 2,3 meter.
  • Berat minimal lembing yang digunakan adalah 600 gram.
  • Pusat gravitasinya terletak pada jarak 0,8 sampai 0,92 meter.

Untuk laki-laki

  • Lembing yang dipakai harus memiliki panjang sekitar 2,6 sampai 2,7 meter.
  • Berat minimal dari lembing yang digunakan adalah 800 gram.
  • Pusat gravitasinya terletak pada jarak 0,9 sampai 1,06 meter.

3. Lempar cakram
Cabang Olahraga Atletik Lempar CakramLempar cakram merupakan olahraga yang dilakukan dengan cara melemparkan cakram yang berbentuk seperti piringan dan dilakukan dengan menggunakan lapangan yang berkriteria khusus. Untuk melakukan olahraga yang  termasuk dalam cabang-cabang olahraga atletik ini, Anda harus terlebih dahulu mengetahui cara dan teknik yang tepat .

4. Lompat tinggi
Lompat tinggi ini termasuk dalam olahraga altetik. Olahraga lompat tinggi ini pasti sudah banyak yang mengetahui karena memang olahraga ini juga diajarkan saat di sekolah. Teknik dalam melakukan olahraga ini adalah dengan cara melompati bilah yang telah diletakkan pada tiang yang telah disediakan dan telah memiliki ukuran tinggi. Semakin tinggi jarak yang bisa Anda lompati maka semakin baik nilai yang didapat. Selain itu dalam olahraga ini yang juga memperhatikan cara dalam mendarat setelah melakukan lompatan tersebut. Hal itu juga masuk dalam penilaian pada cabang olahraga ini.

Baca juga: Macam Macam Cabang Olahraga Permainan

5. Lompat galah
Lompat galah ini sebenarnya hampir sama dengan lompat tinggi karena sama-sama melompati bilah dalam ukuran tinggi yang telah ditentukan. Namun yang sedikit membedakan dari kedua cabang olahraga ini adalah jika lompat galah ini tidak menggunakan kaki ketika melakukan lompatan melainkan dengan menggunakan galah sebagai sarana untuk melakukan lompatan tersebut.Olahraga yang masuk dalam cabang-cabang olahraga atletik ini merupakan olahraga yang sering dilombakan dalam olimpiade. Jadi olahraga ini menjadi sala satu olahraga yang banyak dikenal oleh masyarakat.

6. Lari jarak pendek
Lari jarak pendek merupakan jenis olahraga lari yang menempuh jarak yang relatif lebih pendek yaitu hanya 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. lari jarak pendek ini merupakan cabang-cabang olahraga atletik yang memperhitungkan kecepatan dalam mencapai finish. Jadi intinya adalah semakin cepat mencapai finis maka semakin baik pula hasilnya. Biasanya dalam melakukan olahraga ini menggunakan start jongkok.

7. Lompat jauh
Lompat jauh ini adalah cabang-cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melakukan lompatan sejauh mungkin dengan memperhitungkan pijakan yang telah ditentukan. Maksudnya Anda harus melakukan lompatan dengan menginjak batas yang telah ditentukan. Jika Anda tidak menginjak batas tersebut maka lompatan yang dilakukan tidak dihitung.Biasanya dalam melakukan olahraga ini menggunakan tempat yang memiliki pasir sebagai tempat mendaratnya seperti yang telah dilakukan di sekolah-sekolah.

8. Lari jarak jauh
Salah satu olahraga yang masuk dalam cabang olahraga atletik lari ini merupakan olahraga lari yang menempuh lintasan yang memiliki jarak yang cukup jauh yaitu 5000 meter, 3000 meter dan 10000 meter. Olahraga yang juga biasa disebut sebagai lari marathon ini dilakukan menggunakan teknik yang berbeda dengan lari jarak pendek.Jika pada lari jarak pendek, pelari disarankan untuk berlari sekencang-kencangnya maka pada lari marathon ini mengharuskan pelari untuk bisa mengatur tempo larinya agar nantinya pelari tidak kehabisan tenaga. Sebelum melakukan lomba marathon ini sebaiknya para pelari melatih pernafasannya karena tentunya hal ini sangat berguna ketika melakukan perlombaan ini.

Baca juga: Ukuran Lapangan Lompat Jauh

9. Lari estafet
Lari estafet dilakukan oleh satu kelompok yang terdiri dari beberapa pelari. Dalam hal ini, perlombaan ini dilakukan dengan cara lari sambung yang menggunakan tongkat kecil sebagai medianya. Jarak tempuh dari lari estafet ini adalah 400 meter dan juga 1600 meter. Dalam melakukan lari estafet ini sangat membutuhkan yang namanya kerjasama tim. Sehingga dengan begitu maka hasil yang didapatkan juga tidak mengecewakan.

10. Panahan
Panahan ternyata termasuk dalam cabang-cabang olahraga altetik. Panahan ini merupakan olahraga yang dilakukan dengan  cara menarik anak panah menggunakan busur panah untuk di arahkan ke lintasan berbentuk lingkaran yang telah ditentukan jaraknya. Olahraga ini tentunya sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi, akurasi yang tepat dan tenaga yang kuat sehingga panah bisa tertancap pada posisi yang tepat. Dalam melakukan olahraga ini tentunya membutuhkan teknik yang benar yang sangat perlu dipahami dan di pelajari. Bila menggunakan teknik yang benar maka cedera bisa dihindari.

11. Lompat indah
Cabang-cabang olahraga atletik selanjutnya adalah lompat indah. Olahraga ini dilakukan dengan cara melakukan lompatan aerobic ketika berada di udara. Olahraga ini dilakukan dengan jarak yang telah ditentukan. Lompat indah ini awalnya merupakan olahraga yang hanya dilakukan di Negara-negara di benua Eropa sana. Namun seiring dengan berjalannya waktu, olahraga ini sudah diselenggarakan di setiap Negara baik pada perlombaan sekala kecil hingga besar.

Cabang olahraga atletik ternyata memiliki jumlah yang cukup banyak. Olahraga yang termasuk dalam cabang olahraga ini diantaranya adalah lompat tinggi, lompat jauh, lari jarak jauh, lari jarak pendek, lari estafet, lari marathon, panahan, lompat indah dan lain sebagainya. Dalam melakukan semua olahraga tersebut tentunya harus menggunakan teknik yang benar dan tepat sehingga dapat menghindari akan terjadinya cedera. Semoga ulasan tersebut bisa menjadi pengetahuan dan ilmu untuk Anda sehingga dapat memperluas wawasan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Sumber: https://perpustakaan.id/cabang-olahraga-altetik/

Categories
IPA Mapel

Sistem Pencernaan Pada Manusia

Memahami Fungsi dan Anatomi Sistem Pencernaan Manusia

Makanan yang Anda makan setiap hari tentu tidak akan bisa diubah, dicerna, dan diserap zat gizinya jika tidak diproses oleh organ pencernaan. Ada banyak organ pencernaan yang terlibat dalam hal ini. Penasaran apa saja organ yang membuat Anda bisa mendapatkan semua nutrisi tersebut?. Yuk, simak penjelasan anatomi sistem pencernaan berikut ini.

Anatomi sistem pencernaan

Anatomi sistem pecernaan terdiri dari organ-organ pencernaan yang dibagi menjadi dua kelompok utama, yaitu organ dalam saluran pencernaan dan organ pencernaan pelengkap.

Saluran pencernaan atau disebut juga dengan saluran gastrointestinal (GI), adalah saluran panjang yang masuk melalui tubuh dari mulut ke anus. Saluran ini mencerna, memecah dan menyerap makanan melalui lapisannya ke dalam darah.

Organ dalam saluran pencernaan ini meliputi mulut, esofagus (kerongkongan), lambung, usus halus, usus besar, dan berakhir di anus. Organ pencernaan pelengkap (aksesori) termasuk lidah, gigi, kantung empedu, kelenjar air liur, hati, dan pankreas.

Gigi dan lidah terletak di dalam mulut yang juga membantu proses pencernaan, dalam mengubah makanan dari bentuk kasar menjadi lebih halus.

Sementara kelenjar pencernaan manusia yang terdiri dari kelenjar air liur, hati, dan pankreas membantu menghasilkan enzim-enzim yang membantu proses pencernaan.

Seperti apa saluran pencernaan manusia?

Mulut

Proses pencernaan dimulai di mulut, di mana pencernaan kimia dan mekanik terjadi. Di dalam mulut terdapat organ aksesori yang membantu pencernaan makanan, yaitu lidah, gigi, dan kelenjar air liur.

Mulut berfungsi untuk mengunyah makanan menjadi lebih halus dan lunak agar lebih mudah untuk ditelan dan dicerna. Gigi memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil, yang dibasahi oleh air liur sebelum lidah dan otot-otot lain mendorong makanan ke dalam faring (Pharynx) dan melewatkannya ke dalam kerongkongan (esophagus).

Bagian luar lidah mengandung banyak papilla kasar untuk mencengkeram makanan karena digerakkan oleh otot lidah. Sementara, air liur yang diproduksi oleh kelenjar air liur (terletak di bawah lidah dan dekat rahang bawah), dilepaskan ke dalam mulut.

Air liur mulai memecah makanan, melembapkannya dan membuatnya lebih mudah untuk ditelan. Air liur mulai memecah karbohidrat dengan bantun enzim yang dihasilkannya, yaitu enzim amilase.

Gerakan oleh lidah dan mulut mendorong makanan ke bagian belakang tenggorokan untuk menelannya. Klep (epiglotis) menutup di atas batang tenggorokan (trachea) untuk memastikan bahwa makanan masuk ke kerongkongan dan bukan saluran udara. Hal ini untuk mencegah tersedak saat menelan makanan.

Kerongkongan (esophagus)

Esofagus (kerongkongan) adalah saluran penghubung antara mulut dengan lambung, yang letaknya di antara tenggorokan dan lambung.

Kerongkongan sebagai jalan untuk makanan yang telah dikunyah dari mulut menuju lambung. Otot kerongkongan dapat berkontrasksi sehingga mendorong makanan masuk ke dalam lambung. Gerakan ini disebut dengan gerak peristaltik.

Pada ujung kerongkongan terdapat sfingter (cincin otot), yang memungkinkan makanan untuk masuk ke lambung dan kemudian menutupnya untuk mencegah makanan dan cairan naik kembali ke kerongkongan.

Lambung

Lambung | Sumber: WebMD

Lambung adalah organ berbentuk huruf “J”, yang ukurannya sekitar dua kepalan tangan. Lambung terletak di antara esofagus dan usus halus di perut bagian atas.

Lambung memiliki tiga fungsi utama dalam sistem pencernaan, yaitu untuk menyimpan makanan dan cairan yang tertelan; untuk mencampur makanan dan cairan pencernaan yang diproduksinya, dan perlahan-lahan mengosongkan isinya ke dalam usus kecil.

Hanya beberapa zat, seperti air dan alkohol, yang dapat diserap langsung dari lambung. Zat-zat makanan lainnya harus menjalani proses pencernaan lambung.

Dinding otot perut yang kuat mencampur dan mengocok makanan dengan asam dan enzim, memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

Makanan diolah menjadi bentuk semi padat yang disebut chyme. Setelah makan, chyme perlahan dilepaskan sedikit demi sedikit melalui pyloric sphincter, sebuah cincin otot antara lambung dan bagian pertama dari usus halus yang disebut duodenum (usus 12 jari). Sebagian besar makanan meninggalkan perut hingga empat jam setelah makan.

Usus halus

Usus Halus | Sumber: Myhealth.alberta.ca

Usus halus berbentuk tabung tipis sekitar satu inci dengan panjang sekitar 10 meter. Usus halus terletak hanya lebih rendah daripada lambung dan memakan sebagian besar ruang di rongga perut.

Seluruh usus halus digulung seperti selang dan permukaan bagian dalamnya penuh dengan banyak tonjolan dan lipatan.

Lipatan ini digunakan untuk memaksimalkan pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi. Pada saat makanan meninggalkan usus halus, sekitar 90 persen dari semua nutrisi telah diekstraksi dari makanan yang masuk ke dalamnya.

Usus halus terdiri dari tiga bagian, yaitu duodenum (usus 12 jari)jejunum (bagian tengah melingkar), dan ileum (bagian terakhir).

Usus halus memiliki dua fungsi penting, yaitu:

  • Proses pencernaan selesai di sini oleh enzim dan zat lain yang dibuat oleh sel usus, pankreas, dan hati. Kelenjar di dinding usus mengeluarkan enzim yang memecah pati dan gula. Pankreas mengeluarkan enzim ke dalam usus kecil yang membantu pemecahan karbohidrat, lemak, dan protein. Hati menghasilkan empedu, yang disimpan di kantong empedu. Empedu membantu membuat molekul lemak dapat larut, sehingga dapat diserap oleh tubuh.
  • Usus halus menyerap nutrisi dari proses pencernaan. Dinding bagian dalam dari usus kecil ditutupi oleh jutaan villi dan mikrovilli. Kombinasi keduanya meningkatkan luas  permukaan usus halus secara besar-besaran, memungkinkan penyerapan nutrisi terjadi.

Usus besar

Usus Besar | Sumber: Myhealth.albert.ca

Usus besar membentuk huruf “U” terbalik di atas usus halus yang digulung. Ini dimulai di sisi kanan bawah tubuh dan berakhir di sisi kiri bawah. Usus besar berukuran sekitar 5-6 meter, yang memiliki tiga bagian, yaitu sekum (cecum), kolon dan rektum (rectum).

Sekum adalah kantung di awal usus besar. Area ini memungkinkan makanan lewat dari usus halus ke usus besar. Kolon adalah tempat cairan dan garam diserap dan memanjang dari sekum ke rektum. Bagian terakhir dari usus besar adalah rektum, yang mana kotoran (bahan limbah) disimpan sebelum meninggalkan tubuh melalui anus.

Fungsi utama dari usus besar adalah membuang air dan garam (elektrolit) dari bahan yang tidak tercerna dan membentuk limbah padat yang dapat dikeluarkan. Bakteri di usus besar membantu memecah bahan yang tidak tercerna. Sisa isi usus besar dipindahkan ke arah rektum, di mana feses disimpan sampai meninggalkan tubuh melalui anus.

Sumber:https://hellosehat.com/hidup-sehat/anatomi-sistem-pencernaan/